Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus di Kecamatan Pinang 2022)

Authors

  • Varian Varian Universitas Buddhi Dharma
  • Jenni Jenni Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Sanksi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak Pelaku UMKM

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Pinang Tahun 2022. Populasi dalam penelitian adalah Pelaku UMKM di Kec. Pinang. Sampel yang dipilih sebanyak 62 responden dengan menggunakan teknik purpose sampling dan metode slovin sebagai pengambilan sampel. Untuk mengetahui hubungan antar variabel penulis menggunakan bantuan program SPSS Versi 25 untuk menguji analisis statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: Kesadaran wajib Pajak secara parsial tidak berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pelaku UMKM,  Sosialisasi Perpajakan dan Sanksi Pajak secara parsial berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pelaku UMKM. Sedangkan Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan dan Sanksi Pajak secara simultan berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pelaku UMKM

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-18