Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas, dan Reputasi KAP terhadap Audit Delay (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Kesehatan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Tahun 2019-2021)

Authors

  • Julianti Julianti Universitas Buddhi Dharma
  • Dian Anggraeni Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Audit Delay, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas, Reputasi KAP

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendapatkan informasi yang valid tentang dampak dari ukuran perusahaan, profitabilitas, solvabilitas, serta reputasi KAP terhadap audit delay. Dimana populasi diambil dari perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang dimana laporan keuangannya telah diaudit pada kurun waktu 2019 sampai dengan 2021. Penentuan sampel diambil dengan melakukan purposive sampling, dengan 13 perusahaan selama 3 tahun sehingga total sampel yang didapat sebanyak 39 sampel. Data-data yang terlah didapatkan diolah dengan bantuan SPSS ver 25. Pengujian yang dilakukan antara lain, pengujian statistic deskriptif, pengujian asumsi klasik, pengujian Analisa regresi linier berganda dan pengujian hipotesa.

Dalam penelitian diperoleh hasil yang menyatakan nilai sig ukuran perusahaan senilai 0,794, sig profitabilitas 0,001, sig solvabilitas 0,866, sig reputasi KAP 0,006. Sehingga kesimpulannya secara partial ukuran perusahaan dan solvabilitas tidak memberikan dampak pada audit delay, sedangkan Profitabilitas dan reputasi KAP memberikan dampak pada audit delay.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-04-10