Pengaruh Sistem E-Filling, Self Assessment System, dan Pengetahuan Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi kasus pada wilayah Kecamatan Pasar Kemis Tangerang)

Authors

  • Jazzsty Riyani Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

E-Filling, Self Assessment System, Pengetahuan Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi

Abstract

Pengkajian riset ini bermaksud sebagaai pemahaman tentang pengaruh sistem E-Filling, Self Assessment System & pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan WPOP di Wilayah Kecamatan Pasar Kemis Tangerang. Dalam penyusunan riset ini menggunakan riset deskriptif kuantitatif. Populasi Sesuai topik riset ini adalah WPOP di Wilayah Kecamatan Pasar Kemis Tangerang. Sampel yang dipakai pada riset ini 100 WPOP. Penerapan metode saat penentuan sampel ini adalah Teknik Purposive Sampling dengan Rumus Slovin. Metode perolehan data riset ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada Partisipan di Wilayah Kecamatan Pasar Kemis Tangerang. Uji coba instrumen diuraikan yaitu uji validitas & uji reliabilitas. Metode analisis data diterapkan pada riset ini terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana dan analisis regresi linear berganda.

Sesuai uraian akhir yang ditemukan riset ini dijelaskan: (1) Nilai Pengaruh Sistem E-Filling berpengaruh positif dan sig. terhadap Kepatuhan WPOP dengan sig. 0.016 < 0.05 & t hitung > t tabel (2.464 > 1.660); (2) Self Assessment System System berpengaruh positif & signifikan terhadap Kepatuhan WPOP sig. 0.021 < 0.05 & t hitung > t tabel (2.353 > 1.660). (3) Pengetahuan Perpajakan berpengaruh positif dan sig. terhadap Kepatuhan WPOP dengan sig. 0.000 lebih kecil dari 0.05 dan t hitung > t tabel (5.069 > 1.660). (4) Sistem E-Filling, Self Assessment System, dan Pengetahuan Perpajakan berpengaruh secara simultan & signfikan terhadap Kepatuhan WPOP dengan sig sebesar 0.000 < 0.05 & memiliki nilai F hitung 40.164 > F tabel 2.70 di Wilayah Kecamatan Pasar Kemis Tangerang.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-10