Pengaruh Corporate Social Responsibility, Capital Intensity, dan Komisaris Independen Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumen Primer Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2017 – 2021)

Authors

  • Rahel Frederica Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Corporate Social Responsibility, Capital Intensity, Komisaris Independen, Tax Avoidance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh corporate social responsibility, capital intensity, dan komisaris independen terhadap tax avoidance pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumen primer di Bursa Efek Indonesia tahun 2017 – 2021. Terpilih 18 perusahaan dari 118 populasi dengan menggunakan Purposive Sampling dan data sekunder berupa laporan tahunan dan keuangan. Dalam analisis ini menggunakan ETR (effective tax rate) sebagai indikator tax avoidance. Metode analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 25.

Berdasarkan penelitian ini, terlihat Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap Tax Avoidance. Sementara itu, Capital Intensity dan Komisaris Independen berpengaruh terhadap Tax Avoidance. Dan Corporate Social Responsibility, Capital Intensity, dan Komisaris Independen secara simultan berpengaruh terhadap Tax Avoidance.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16