Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018 - 2022

Authors

  • Grady Gunawan Universitas Buddhi Dharma
  • Sabam Simbolon Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Profitabilitas, Leverage, Firm Size, Nilai Perusahaan

Abstract

Tujuan riset ialah guna mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, dan firm size terhadap nilai perusahaan dengan berfokus pada populasi sub sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018 – 2022 sebanyak 84 emiten.

Data riset ini memakai data sekunder berupa annualy report yang berasal dari situs resmi. Teknik penetapan sampel memakai purposive sampling yang menghasilkan 13 perusahaan selama 5 tahun peninjauan sehingga memperoleh sebanyak 65 sampel. Mekanisme analisis riset ini adalah regresi linear berganda yang diaplikasikan pada software IBM SPSS versi 26.

Riset ini membuktikan, secara parsial profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, firm size berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara uji simultan profitabilitas, leverage, dan firm size berpengaruh dan signifikan terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-29