Pengaruh Profitability, Leverage, Sales Growth, dan Capital Intensity terhadap Tax Avoidance pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2022

Authors

  • Carolin Meiliani Surya Universitas Buddhi Dharma
  • Rr. Dian Anggraeni Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Profitability, Leverage, Sales Growth, Capital Intensity, Tax Avoidance

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam rangka melakukan pengujian untuk mencari tahu bagaimana pengaruh profitability, leverage, sales growth, dan capital intensity terhadap tax avoidance. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu profitability, leverage, sales growth, dan capital intensity. Kemudian, tax avoidance dipilih sebagai variabel dependen dengan menggunakan rumus CETR.

Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dan bersifat sekunder yaitu annual report dari perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2022, yang tersedia di website resmi BEI. Populasi yang digunakan yaitu sebanyak 84 perusahaan. Sedangkan sampel yang dihasilkan yaitu sebanyak 55 sampel (11 perusahaan), dimana sampel tersebut didapatkan dengan metode purposive sampling. Teknik analisis linier berganda digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan program SPSS versi 25.0.

Penelitian ini menghasilkan bahwa secara parsial profitability, leverage, dan sales growth tidak berpengaruh terhadap tax avoidance sedangkan capital intensity berpengaruh terhadap tax avoidance. Kemudian, secara simultan profitability, leverage, sales growth, dan capital intensity berpengaruh terhadap tax avoidance.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-29