Pengaruh Profitabilitas, Transfer Pricing, dan Sales Growth terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Barang Keperluan Rumah Tangga yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2018-2020)

Authors

  • Donny Santoso Universitas Buddhi Dharma
  • Farid Addy Sumantri Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Profitabilitas, Transfer Pricing, Sales Growth, Tax Avoidance

Abstract

Pajak merupakan iuran rakyat kelpada kas negara berdasarkan undang - undang (yang dapat dipaksakan) dengan tidak mendapat jasa timbal balik yang langsung dapat ditunjukkan dan yang dipergunakan untuk membayar pengeluaran umum. Pajak sangat berperan dalam pembangunan negara, oleh karena itu pemerintah selalu gencar dalam membuat kebijakan mengenai perpajakan, sehingga peraturan perpajakan hampir selalu berubah di setiap tahunnya. Pajak adalah sumbangan yang diwajibkan untuk pembangunan negara, baik sebagai orang pribadi atau badan usaha yang melmpunyai sifat memaksa berlandaskan undang-undang dengan tidak secara langsung wajib pajak mendapatkan imbal hasil dan digunakan untuk kebutuhan suatu negara bagi sebesar- besarnya kemakmuran rakyat. Pembayaran pajak merupakan wujud kewajiban dan peran serta wajib pajak untuk ikut secara langsung dan bersama-sama melaksanakan pembiayaan negara dan pembangunan nasional (Cermati.com, 2016).

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh Profitabilitas, Transfer Pricing dan Sales Growth terhadap Tax Avoidance. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan pada perusahaan industri barang keperluan rumah tangga yang terdaftar di BEI tahun 2018 -2020.

Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 12 perusahaan selama periode 3 tahun pengamatan sehingga total sampel 36. Pengujian ini menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas yang di proksikan dengan Return On Asset memiliki koefisien regresi -0.654 dengan tingkat siginifikasi sebesar 0.295 lebih besar dari 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel transfer pricing yang di proksikan dengan Transfer Pricing memiliki koefisien regresi

8.577 dengan tingkat siginifikasi sebesar 0.003 lebih kecil dari 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel sales growth yang di proksikan dengan Sales Growth memiliki koefisien regresi -0.152 dengan tingkat siginifikasi sebesar 0.016 lebih kecil dari 0.05. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh antara transfer pricing dan sales growth sedangkan profitabilitas tidak memiliki pengaruh terhadap tax avoidance.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-29