Pengaruh Audit Tenure, Profitabilitas, Ukuran Perushaan, Solvabilitas dan Opini Audit terhadap Audit Delay (Studi Empiris pada perusahaan Industri Sub Sektor Property and Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2019-2022)

Authors

  • Metha Melyana Universitas Buddhi Dharma
  • Peng wi Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Audit Delay, Audit Tenure, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Solvabilitas, Opini Audit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh audit tenure, profitabilitas, ukuran perusahaan, solvabilitas dan opini audit terhadap audit delay perusahaan industri sub sektor property and real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2019 sampai dengan tahun 2022.

Populasi dalam penelitian ini berjumlah 28 perusahaan industri sub sektor property and real estate dari tahun 2019 sampai dengan tahun 2022. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga didapatkan sebanyak 20 perusahaan dengan periode 4 tahun yang dijadikan sebagai sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Autokorelasi, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji T dan Uji F dengan perangkat lunak SPSS versi 25.

Berdasarkan hasil uji parsial menunjukkan bahwa audit tenure dan opini audit tidak berpengaruh terhadap audit delay, sedangkan profitabilitas, ukuran perusahaan dan solvabilitas berpengaruh terhadap audit delay. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa audit tenure, profitabilitas, ukuran perusahaan, solvabilitas dan opini audit secara simultan berpengaruh terhadap audit delay.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-29