Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan dan Leverage Terhadap Penghindaran Pajak (Studi Empiris Pada Perusahaan Subsektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di BEI Tahun 2019 – 2022)

Authors

  • Wilni Cahyani Laia Universitas Buddhi Dharma
  • Suhendra Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, Leverage, Penghindaran Pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, pertumbuhan penjualan dan leverage terhadap penghindaran pajak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 85 perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019 – 2022. Dalam menentukan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 10 perusahaan selama 4 tahun berturut–turut, sehingga memperoleh 40 sampel perusahaan dalam penelitian. Data penelitian ini dianalisis dengan SPSS versi 25 menggunakan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diuji dnegan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa profitabilitas yang diukur secara parsial berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak,sedangkan pertumbuhan penjualan dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak. Hasil pengukuran secara simultan menunjukan bahwa Profitabilitas, pertumbuhan penjualan dan leverage secara bersama-sama berpengaruh terhadap penghindaran pajak.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-29