Pengaruh Pengetahuan Pajak, Manfaat Pajak, Sosialisasi Pajak, dan Motivasi Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) (Studi Kasus Pada Pemilik UMKM di Kecamatan Neglasari)
Keywords:
Pengetahuan Pajak, Manfaat Pajak, Sosialisasi Pajak, Motivasi Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak Pemilik UMKMAbstract
Berkembangnya angka pemilik UMKM harus berbanding lurus dengan tingkat kepatuhan pajaknya, sehingga sangat penting memastikan hal tersebut berjalan dengan semestinya. Penelitian ini bermaksud untuk menguji adakah pengaruh secara positif dan signifikan diantara variabel independen yang meliputi Pengetahuan Pajak, Manfaat Pajak, Sosialisasi Pajak, dan Motivasi Wajib Pajak terhadap variabel dependen yaitu Kepatuhan Wajib Pajak Pemilik UMKM di Kecamatan Neglasari. Didalam penelitian ini, menggunakan teknik pengambilan sampel accidental sampling atau secara acak. Responden dalam penelitian ini yaitu para pemilik UMKM aktif yang berada di kawasan Kecamatan Neglasari, kemudian data primer yang terkumpul diseleksi dengan menggunakan strategi pengambilan sampel, sehingga menghasilkan sampel dengan total 100. Data primer yang terkumpul kemudian diolah menggunakan program SPSS 25. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa dalam periode tertentu Pengetahuan Pajak, Manfaat Pajak, Sosialisasi Pajak, dan Motivasi Wajib Pajak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak baik berpengaruh secara parsial, maupun secara simultan.