Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Sub Sektor Barang Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019 - 2022

Authors

  • Shintia Dewi Universitas Buddhi Dharma
  • David Kiki Baringin MT Samosir Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Manajemen Laba

Abstract

Penelitianl inil bertujuanl untukl mendapatkanl buktil mengenail pengaruh ukuranl perusahaan, leveragel dan profitabilitas terhadapl manajemen llaba. Populasi dalaml penelitian inil adalah laporan keuanganl pada perusahaanl lSub-Sektor Barang Industril yangl terdaftarl di Bursal Efekl Indonesial tahun 2019 – l2022.

Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan sampel menggunakan cara purposive sampling yang berjumlah 10 perusahaan selama 4l tahun pengamatanl sehingga totall sampel sebanyakl 40 sampel. Pada penelitian inil pengujian menggunakan program IBM SPSSl Statistic versi 25 yangl terdiri daril ujil statistic deskriptif, ujil asumsil lklasik, uji regresil linier berganda, ujil koefisienl determinasi, ujil T (lparsial), dan ujil F (lsimultan).

Hasill dari penelitian yang telah diolah inil menunjukkan bahwal nilai signifikansi Ukuran Perusahaan (LN) yaitu 0,385, nilai signifikansi Leverage (DER) yaitu 0,007 dan nilai signifikansi Profitabilitas (ROE) yaitu 0,128. Hasil penelitianl ini menunjukanl bahwa lleverage berpengaruh terhadapl manajemen llaba. Sementara ada 2 variabel yang tidak berpengaruhl signifikan terhadapl manajemen labal yaitu ukuran perusahaanl dan profitabilitasl karena nilai signifikan lebih dari 0.05.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-29