Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage dan Ukuran Perushaan Terhadap Pertumbuhan Laba (Studi Empiris Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2022)

Authors

  • Ni Putu Tania Ayu Arigita Universitas Buddhi Dharma
  • Rina Aprilyanti Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Laba

Abstract

Pada penelitian ini untuk mencari tahu bagaimana Profitabilitas, Likuiditas, Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Pertumbuhan Laba merupakan tujuan dari penelitian ini. Terdapat adanya 4 variabel independen yakni Profitabilitas (X1) yang diukur dengan NPM, Likuiditas diukur dengan Current Ratio, Leverage (X3) diukur dengan DER dan Ukuran Perusahaan (X4) diukur dengan Ln = Total Aset sedangkan terdapat adanya variabel dependen yakni Pertumbuhan Laba.

Terdapat populasi menggunakan perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2022. Metode purposive sampling merupakan metode yang digunakan dalam pengambilan sampel sebanyak 17 perusahaan sehingga terdapat total sampel sebanyak 68 data.  Data tersebut dianalisis menggunakan metode analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS versi 25.

Dapat disimpulkan bahwa, berdasarkan  uji parsial (uji T) Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Laba sedangkan Likuiditas, Leverage dan Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Pertumbuhan Laba. Selain itu kesimpulan yang didapatkan pada uji simultan (uji F) Profitabilitas, Likuiditas, Leverage¸dan Ukuran Perusahaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Laba.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-29