Pengaruh Kepemilikan Institusional, Corporate Social Responsibility (CSR), Intellectual Capital (IC), dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2022)

Authors

  • Anastacia Swastika Dharma Gunawan Universitas Buddhi Dharma
  • Andy Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

kepemilikan Institusional, Corporate Social Responbility, Intellectual Capital, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan

Abstract

Nilai Perusahaan merupakan suatu kondisi yang dicapai perusahaan sebagai bukti dari kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan yang sering kali dikaitkan dengan harga saham perusahaan tersebut. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan institusional, corporate social responsibility, intellectual capital, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perusahaanmanufaktor sektor food and beverage yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019 sampai dengan tahun 2022. Data diperoleh dengan menggunakan data sekunder, dengan metode purposive sampling, terdapat 16 perusahaan yang memenuhi kriteria untuk pengambilan sampel data. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah bahwa kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, corporate social responsibility berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, intellectual capital tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, Ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, Secara simultan, kepemilikan institusional, corporate social responsibility, intellectual capital, dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-29