Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Perpajakan, Tarif Pajak dan Teknologi Informasi Perpajakan terhadap Kepatuhan Pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus pada Warga Perumahan Mutiara Legok)

Authors

  • Fransisca Thenesya Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Perpajakan, Tarif Pajak, Teknologi Informasi Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat signifikan pada pengetahuan perpajakan, sanksi perpajakan, tarif pajak dan teknologi informasi perpajakan terhadap kepatuhan pelaporan SPT Tahunan wajib pajak orang pribadi. Penelitian ini memfokuskan pada wajib pajak orang pribadi yang mempunyai penghasilan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Populasi dari penelitian ini adalah warga dari Perumahan Mutiara Legok yang berjumlah 104 warga, dan sampel yang digunakan sebanyak 100 sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuisioner yang diolah dengan menggunakan program SPSS Versi 25 for Windows. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data berupa analisis deskriptif, analisis frekuensi, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikolonieritas, kemudian uji validitas, uji rehabilitas dan analisis regresi linear berganda, uji hipotesis yaitu uji t, uji f, serta analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan perpajakan, sanksi perpajakan, tarif pajak dan teknologi informasi perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-29