Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, beban pajak tangguhan dan perencanaan pajak terhadap praktik manajemen laba dengan leverage sebagai variabel moderasi (pada BUMN yang terdaftar di BEI tahun 2019 hingga 2022)

Authors

  • Cindy Febiola Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Beban Pajak Tangguhan, Perencanaan Pajak, Leverage, Manajemen Laba

Abstract

Dalam upaya menghasilkan keuntungan sesuai dengan preferensinya, para pemilik usaha semakin banyak memanfaatkan manajemen laba. Selain merenungkan potensi pengaruh – pengaruh dari variabel ukuran perusahaan, profitabilitas, beban pajak tangguhan, dan perencanaan pajak terhadap praktik manajemen laba. Tujuan utama dari penelitian ini ialah untuk menguji dan memvalidasi variabel - variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan sumber data sekunder yang diambil dari laporan keuangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diperdagangkan secara publik di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2022, serta purposive sampling dan SmartPLS 4 digunakan sebagai penentuan sampel penelitian dan analisis data. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen laba berkorelasi positif dengan ukuran perusahaan. Sebaliknya profitabilitas berkorelasi negatif dengan manajemen laba.

Serta, tidak berdampak signifikan terhadap beban pajak tangguhan dan perencanaan pajak. Leverage mempunyai kapasitas untuk memoderasi hubungan antara manajemen laba dan profitabilitas, serta hubungan ukuran perusahan dan manajemen laba secara substansial. Dan leverage tidak terdampak substansial terhadap hubungan beban pajak tangguhan dengan manajemen lan dan antara perencanaan pajak dan manajemen laba.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-29