Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdafta di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2022

Authors

  • Levica Feblien Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Manajemen Laba

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba pada Perusahan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di BEI periode 2019-2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2022 dan dalam menentukan jumlah sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 30 perusahaan menjadi sample penelitian sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan software SPSS versi 25 dengan metode analisa data yang digunakan yaitu uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji analisis regresi linier berganda. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa Pertumbuhan Penjualan berpengaruh negatif signifikan terhadap Manajemen Laba, Profitabilitas berpengaruh positif siginifkan terhadap Manajemen Laba dan Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap Manajemen Laba serta Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap Manajemen Laba.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-29