Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Likuiditas Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2022)
Keywords:
Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Likuiditas, Struktur Modal, Nilai PerusahaanAbstract
Penulisan penelitian bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Ada beberapa variabel yang digunakan yaitu Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Likuiditas, dan Struktur Modal apakah mempengaruhi nilai perusahaan pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang tercatat di BEI periode tahun 2019-2022. Populasi yang dijadikan pengamatan berjumlah 84 perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang tercatat di BEI periode tahun 2019-2022. Untuk sampel penelitian menggunakan purposive sampling dan diuji menggunakan SPSS versi 27, mendapatkan sebanyak 22 perusahaan perusahaan sub sektor makanan dan minuman selama 4 tahun berdasarkan kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Nilai perusahaan, Leverage berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Likuiditas berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Struktur Modal berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan.