PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, RETURN ON ASSETS (ROA), DAN KEPUTUSAN INVESTASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2019)

Authors

  • Aldi Arianto Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Ukuran Perusahaan, Return On Assets (ROA), Keputusan Investasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan, Return On Assets (ROA), dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019.

Metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 13 perusahaan selama periode 3 tahun pengamatan berturut-turut sehingga memperoleh 39 sampel perusahaan. Penelitian ini menggunakan software SPSS versi 25 dan Microsoft Excel dengan uji statistik deskriptif, uji T dan uji F. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan dengan nilai sig 0,040 < 0,05, Return On Assets (ROA) berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan dengan nilai sig 0,013 < 0,05, dan Keputusan Investasi berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan dengan nilai sig 0,005 < 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-02-07