Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pemahaman E-Filling, dan Pemahaman Peraturan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus pada Warga Kelurahan Binong)

Authors

  • Elly Syah Futry Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Kesadaran Wajib Pajak, Pemahaman E-Filling, Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak, pemahaman E-Filling, dan pemahaman peraturan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Objek dari penelitian ini merupakan warga di Kelurahan Binong.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang mana data diperoleh dari penyebaran kuesioner. Teknik sampel yang digunakan yaitu metode random sampling Hasil data kuesioner diolah menggunakan bantuan program IBM SPSS version 25 untuk menguji deskriptif data, uji asumsi klasik, analisis data dan uji hipotesis.

Berdasarkan hasil olah data yang telah dilakukan, menunjukan bahwa variabel kesadaran wajib pajak dan pemahaman peraturan perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi sedangkan pemahaman E-Filling tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Secara simultan ketiga variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen.   

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-08