Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode (2015 - 2019)

Authors

  • Yesaya Cahyo Nugroho Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Likuiditas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta memperoleh bukti Likuiditas dan Solvabilitas serta Ukuran perusahaan terhadap Profitabilitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Didalam  penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019.

Metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 9 perusahaan selama periode 5 tahun pengamatan berturut-turut sehingga memperoleh 45 sampel perusahaan. Sumber data adalah data sekunder berupa laporan keuangan yang diunduh melalui www.idx.co.id Penelitian ini menggunakan software SPSS versi 25 dan Microsoft Excel dengan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik,uji statistik,uji T dan uji F.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Likuiditas  tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas dengan nilai sig 0,183 > 0,05. (2) Solvabilitas tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas dengan nilai sig 0,564 > 0,05. (3) Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas dengan nilai sig 0,185 > 0,05 (4)Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai F hitung 16.246 dengan sig. 0,361 > 0,05 maka variabel Likuiditas, variable Solvabilitas dan variable Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap variable dependen yaitu Profitabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-08