Pengaruh Profitabilitas, Intensitas Persediaan Dan Intensitas Aset Tetap Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)

Authors

  • Bella Anggela Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Profitabilitas, Intensitas Persediaan, Intensitas Aset Tetap, Agresivitas Pajak, Effective Tax Rate

Abstract

Tujuan riset ini ialah guna melihat “Profitabilitas, Intensitas Persediaan dan Intensitas Aset Tetap memiliki pengaruh pada Agresivitas Pajakâ€. Populasi riset ini ialah laporan keuangan Badan Usaha manufaktur sektor makanan serta minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016 hingga 2020.

Metode riset yang diterapkan yakni kuantitatif melalui pengolah sample menggunakan teknik purposive sampling, dengan data yang berhasil penulis dapatkan yaitu berjumlah 11 data perusahaan yang memenuhi kriteria dalam periode 5 tahun pengamatan secara berurutan memperoleh hasil berjumlah 55 data perusahaan. Pengolahan data penyusunan skripsi ini menerapkan SPSS versi 26 dengan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda serta uji hipotesis.

Temuan riset memperlihatkan kesimpulan bahwa nilai signifikan profitabilitas yang diproksikan melalui rumus ROA memiliki hasil 0,014, nilai signifikan intensitas persediaan yang diproksikan menerapkan rumus INVT memiliki hasil 0,002, nilai signifikan intensitas aset tetap yang diproksikan menggunakan rumus CAPT memiliki hasil 0,001. Berdasarkan hasil dari riset ini memperlihatkan profitabilitas, intensitas persediaan serta intensitas aset tetap berkorelasi signifikan pada agresivitas pajak serta berkorelasi simultan pada agresivitas pajak.

Published

2022-06-28