Pengaruh Pengetahuan Pajak, Tingkat Pendidikan, Motivasi Wajib Pajak, dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pelaku Usaha Online (Studi Kasus Pada Pelaku Usaha Online di Tangerang)

Authors

  • Chindy Permata Putri Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Self assessment system, Marketplace, Perpajakan, Bisnis, Kepatuhan Wajib Pajak

Abstract

Pajak ialah sumber utama penerimaan pemerintah yang paling penting diindonesia untuk biaya belanja negara. Walaupun begitu, secara realitanya masih ramau pelaku usaha online yang tidak mengetahui tentang kewajiban perpajakan mereka. Penelitian ini memiliki tujuan guna mengulas pengaruh pengetahuan pajak, tingkat pendidikan, motivasi wajib pajak, dan sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak pelaku usaha online.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara tidak langsung kepada responden yang merupakan pelaku usaha online di wilayah Tangerang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS version 26.

Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dalam penelitian ini, membuktikan bahwa pengetahuan pajak dan sosialisasi perpajakan memberi pengaruh positif dan signifikan terhahap kepatuhan wajib pajak pelaku Usaha online, manakala untuk tingkat pendidikan dan motivasi wajib pajak tidak memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak pelaku usaha online.

Published

2022-06-28