Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan dan Likuiditas Terhadap Penghindaran Pajak (Studi Empiris Perusahaan Manukfaktur Subsektor Makanan dan Minuman Pada Tahun 2016 – 2020)

Authors

  • Desy Niariana Universitas Buddhi Dharma
  • Rr Dian Anggraeni Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Leverage, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Penghindaran Pajak

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh leverage, ukuran perusahaan dan likuiditas terhadap penghindaran pajak pada perusahaan manukfaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2020.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah untuk semua perusahaan manukfaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 2016-2020. Berdasarkan kriteria tertentu, terdapat 13 dari 30 perusahaan subsektor makanan dan minuman yang cocok dengan sampel. Teknik analisis data meliputi statistic deskriptif, uji asumsi klasik, uji statistic dan uji hipotesis dengan bantuan software SPSS versi 25.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial likuiditas dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap pemghindaran pajak. Sedangkan leverage tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak dan secara simultan leverage, ukuran perusahaan dan likuiditas berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2020.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-06-28