Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Dan Capital Intensity Terhadap Penghindaran Pajak (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Sub-Sektor Makanan Dan Minuman Yang Telah Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020)

Authors

  • Ester Setiawati Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Return On Assets, Curret Ratio, Debt to Equity Ratio, Capital Intensity Ratio, Cash Effective Tax Rate

Abstract

Penelitian dilakukan guna menguji secara parsial pengaruh profitabilitas yang diukur memakai return on assets, likuiditas yang dihitung memakai current ratio, leverage yang dihitung memakai debt to equity ratio, dan capital intensity yang dihitung memakai capital intensity ratio terhadap penghindaran pajak. Penghindaran pajak akan dihitung memakai cash effective tax rate.

Penelitian dilakukan menggunakan data sekunder. Data sekunder diambil berdasarkan laporan keuangan yang berasal dari perusahaan khususnya dalam food and beverage sub-sector yang tercantum di BEI dalam kurun waktu 2017 hingga 2020. Pengelolaan data sekunder dijalankan dengan program SPSS versi 25. Dari total 24 perusahaan, sejumlah 11 perusahaan menjadi sampel dengan periode pengamatan 4 tahun, maka menghasilkan 44 data sampel.

Hasil dari penelitian mengungkapkan profitabilitas tidak memerikan efek secara parsial terhadap penghindaran pajak, likuiditas tidak memberikan efek secara parsial terhadap penghindaran pajak, dan leverage tidak memberikan efek secara parsial terhadap penghindaran pajak, sedangkan capital intensity memberikan efek negatif secara parsial terhadap penghindaran pajak.

Published

2022-06-28