Pengaruh Profitabilitas,kebijakan hutang, struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan (studi kasus pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2018-2020)

Authors

  • Feby Elviani Hutasoit Universitas Buddhi Dharma
  • Lia Dama Yanti Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Profitabilitas, Kebijakan hutang, Struktur modal, Ukuran perusahaan, Nilai perusahaan

Abstract

Penelitian bermaksud untuk melakukan uji terhadap pengaruh adanya profitabilitas pada nilai di perusahaan, serta kebijaksanaan hutang pada nilai di perusahaan, serta sistem modal pada nilai di perusahaan, dan juga ukuran perusahaan pada nilai di perusahaan, dan protabilitas kebijaksanaan hutan. Sistem modal dan ukuran perusahaan dengan serentak berpengaruh pada nilai di perusahaan. Adapun metode yang digunakan untuk meneliti pada jurnal ini adalah kuantitatif. Adapun Sumber terkait data yang digunakan pada penelitian ini adalah data minor atau sekunder yang termasuk didalamnya sejumlah variabel diantaranya adalah profitabilitas, kebijaksanaan hutan, model dari modal, serta ukuran perusahaan dan nilai di perusahaan yang didapatkan dari website milik BEI (Bursa Efek Indonesia). Adapun terkain cara menentukan sampel pada penelitian ini dengan purposive sampling. Dan teknik untuk menganlisis data adalah Regresi Liner ganda menggunakan perangkat SPSS edisi 25. Perolehan pada penelitian ini menunjukkan bahwasanya variabel pada profitabilitas memberikan pengaruh secara besar pada nilai di perusahaan pada nilai signifikan yaitu 0,007 > 0,05. Variabel kebijaksanaan hutang tidak memberikan pengaruh secara besar pada nilai di perusahaan pada nilai signifikan yaitu 0,207 > 0,05. Dan variabel pada struktur milik modal tidak memberikan pengaruh secara besar pada nilai di perusahaan yaitu 0,382 > 0,005. Serta variabel ukuran perusahaan tidak ada pengaruh secara besar pada nilai di perusahaan pada nilai 0,444 > 0,05

Berdasarkan hasil penelitian tersebut akan menampillkan bahwasanya secara menyeluruh variabel pada profitablitias, kebijaksanaan hutang, struktur pada modal serta ukuran perusahaan memberikan pengaruh dengan signifikan pada nilai di perusahaan.

Published

2022-06-28