Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Integritas Laporan Keuangan (Pada Perusahaan Sektor Property dan Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020)

Authors

  • Fita Arnita Telaumbanua Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

ILK, KI, KM, SIZE, LEVERAGE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepemilikan institusional, pengaruh kepemilikan manajerial, pengaruh ukuran perusahaan, pengaruh leverage pada integritas laporan keuangan.

Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode dokumentasi dan pendekatan kuantitatif yang berbasis filosofi positivis. Metode pendekatan ini digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu, menganalisis data kuantitatif atau angka yang berisi perhitungan statistik untuk menguji hipotesis yang telah ditentukan. Selanjutnya, ini adalah Explanatory Research, yang menggunakan pengujian hipotesis untuk menjelaskan hubungan antara variabel independen dan dependen. Penelitian ini mengandalkan data kuantitatif dari laporan keuangan perusahaan dari 2017 - 2020. Jenis data dalam penelitian ini adalah data sekunder, berdasarkan metode pengumpulannya. Laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia dan www.finance.yahoo.com. Penelitian ini menggunakan data time series dan cross-section. Selain itu akan diolah pooled data, yaitu proses penggabungan data time series dengan data cross section. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda, yang berusaha untuk menyelidiki hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya.

Berdasarkan penelitian, uji T statistik diperoleh kesimpulan bahwa Kepemilikan Institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap Integritas Laporan Keuangan, namun Variabel Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan dan Leverage secara bersama-sama berpengaruh secara nyata terhadap Integritas Laporan Keuangan.

Published

2022-06-28