Pengaruh Struktur Modal, Solvabilitas, Profitabilitas, dan Komite Audit Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Basic Materials Tahun 2017-2020)

Authors

  • Jesica Indriani Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Struktur Modal, Solvabilitas, Profitabilitas, Komite Audit

Abstract

Penelitian yang memiliki hubungan antara Struktur Modal, Solvabilitas, Profitabilitas dan Komite Audit adalah tujuan dari proyek penelitian ini. Perusahaan yang memproduksi bahan baku dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2020 menjadi subyek penelitian ini. Laporan keuangan perusahaan Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia antara tahun 2017 dan 2020 digunakan dalam penelitian seperti ini. Purposive sampling digunakan untuk memperoleh 104 sampel penelitian yang diperlukan untuk percobaan ini. Berbagai pengujian, termasuk statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R2) dan analisis regresi linier berganda, dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 25.

Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa solvabilitas dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan struktur modal dan komite audit tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa struktur modal, solvabilitas, profitabilitas, dan komite audit secara simultan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan.  

Published

2022-06-28