Pengaruh Capital Intensity, Inventory Intensity, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Bidang Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)

Authors

  • Jesslyn Marcella Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Effective Tax Rate, Capital Intensity, Inventory Intensity, Debt to Asset Ratio, Return on Asset

Abstract

Penelitian bertujuan untuk uji (1)pengaruh Capital Intensity terhadap agresivitas pajak (2) pengaruh Inventory Intensity kepada agresivitas pajak (3) pengaruh Leverage kepada agresivitas pajak (4) pengaruh Profitabilitas kepada agresivitas pajak.

Jenis penelitian ialah penelitian kuantitatif menggunakan perusahaan manufaktur bidang makanan dan minuman yang tercantum pada BEI tahun 2016-2020. Penetapan sampel pada riset ini mempergunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel yang di peroleh sejumlah 40 data. Pengolahan Data dalam riset ini dilaksanakan dengan mempergunakan SPSS versi 24.

Dengan hasil pengujian parsial memberikan informasi bahwa variabel Capital Intensity dan Leverage tidak mempengaruhi signifikans pada agresivitas pajak, sementara Inventory Intensity dan Profitabilitas mempengaruhi signifikans kepada agresivitas pajak.

Published

2022-06-28