Analisis Fraud Pentagon Dalam Mendeteksi Kecurangan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020

Authors

  • Lia Alicia Monica Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Kecurangan laporan keuangan, Teori pentagon, Perusahaan pertambangan, Teori triangle, Teori diamond

Abstract

Meningkatnya kasus kecurangan laporan kecurangan laporan keuangan dari tahun ke tahun merupakan hal yang serius untuk pihak eksternal perusahaan terutama investor. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh ACFE Indonesia masuk ke dalam peringkat tiga dengan kasus kecurangan terbanyak se- Asia Pasifik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh teori fraud pentagon dalam mendeteksi kecurangan laporan keuangan.

Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan pursposive sampling pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode 2016-2020. Selanjtunya, data diolah menggunakan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa financial target, external pressure, nature of industry berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. Sedangkan, financial stability, ineffective monitoring, change in auditor, change in director, dan frequent of CEO’s pictures tidak berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan pada peruahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Published

2022-06-28