Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, Dan Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba (Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020)

Authors

  • Melia Melia Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, Perencanaan Pajak, Manajemen Laba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengujipengaruh profitabiltas, pertumbuhan penjualan, dan perencanaan pajak tehadap menajemen laba. Objek dalam penelitianini adalah perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang tedaftar di Bursa Efek Indonesia tahun2017-2020. Jenis penelitian adalah penelitan kuantitatif. Sampel yang pengumpulan datanya dilakukan dengan metode Purposivesampling. Setelah pengurngan dengan beberepa kreiria trpilih sebanyak 11 perusahan sempel sehinggadiperoleh 44 sebagai pengematan. Sumberdata dalam penalitian adalah datasekunder yaang di unduh melelui www.idx.co.id untuk memparoleh data berupe laporen keaungan dgri masingmasing perusahan yangkemudian datadiolah mengunakan SPSS versi 26.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa variebel partama profitablitias tldak brpengaruh signifikan terhedap manejemen laba dengen nilaisig. 0,512 > 0.05, variebel kdua pertumbuhan penjualan berpangaruh signifikan terhadp manaejemen laba dengannilai sig.0,001 < 0,05 dahn variebel ketiiga perencanan pajaktidak berpengeruh signfikan terhedap manejemen laba dengannilai sig. 0,363 > 0,05. Sedangkn secera simultan variebel profitabilitas, pertumbuhan penjualan, dan perencanan pajak berpengeruh siginfikan terhada]p manejemen laba dengan nilaisig 0,006 < 0,05.

Published

2022-06-28