Pengaruh Harga, Merek, Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Motor Roda Tiga Viar Pada CV. Bintang Mas Motor
Keywords:
Harga, Merek, Kualitas, Keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, merek, dan kualitas terhadap keputusan pembelian motor roda tiga viar pada CV. Bintang Mas Motor. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden adalah seluruh kostumer motor roda tiga viar CV.Bintang Mas Motor. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, dan pengolahan data pada penelitian ini menggunakan SPSS 25. Teknik sampling yang dipakai adalah rumus random sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu model penelitian deskriptif dimana menggambarkan secara sistematis dan akurat mengenai faktor-faktor yang diteliti. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dengan nilai rhitung dan uji reliabilitas dengan nilai Cronbach’s Alpha, Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian.
Hasil dari pengolahan data diperoleh persamaan linear berganda Y = 11.103 + 0.096 X1 + 0.347 X2 + 0.322 X3 , artinya setiap peningkatan atau penurunan harga sebesar 1 poin, maka keputusan pembelian pada CV. Bintang Mas Motor. akan mengalami peningkatan atau penurunan 0.096 dan setiap peningkatan atau penurunan hasil merek dan kualitas sebesar 1 poin, maka keputusan pembelian pada CV. Bintang Mas Motor akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0.347,0.322.
Selain menghitung hubungan antara variabel bebas dengan variabel terkait, pada penelitian ini dihitung pada hubungan antara variabel. Korelasi antara harga dan keputusan pembelian sebesar 0.096, korelasi antara merek dengan keputusan pembelian pembelian sebesar 0.347, korelasi antara kualitas dengan keputusan pembelian pembelian sebesar 0.322 maka dapat dikata hubungan ketiga variabel tersebut adalah cukup kuat dan positif.