Pengaruh Perencanaan Pajak, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Property, Real Estate dan Building Construction Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017 - 2020

Authors

  • Veronica Sanjaya Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Tax Retention Rate, Ukuran Perusahaan, Return On Assets, Debt to Assets Ratio, Discretionary Accruals

Abstract

Tujuan dilakukannya riset ini yakni guna menganalisis tentang dampak perencanaan pajak, ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage pada manajemen laba. Objek riset ini tercatat di Bursa Efek Indonesia dalam masa 2017 - 2020.

Dipergunakan jenis riset kuantitatif sehingga diperoleh 10 perusahaan sampel dari 83 perusahaan di Bursa Efek Indonesia pada sektor property, real estate dan building construction. Teknik pemiliham sampel mempergunakan metode purposive sampling, merujuk pada kriteria maka total sampel sejumlah 40. Dipergunakan sumber data sekunder yang diakses dari www.idx.co.id yang berbentuk laporan keuangan kemudian pengolahan mmepergunakan program SPSS Versi 25.

Dari hasil riset, disimpulkan antaralain (1) Perencanaan Pajak berdampak terhadap Manajemen Laba, (2) Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Leverage tidak berdampak terhadap Manajemen Laba, (3) Perencanaan Pajak, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Leverage secara bersama-sama (simultan) berdampak pada Manajemen Laba.

Published

2022-06-28