Pengaruh Capital Intensity, Inventory Intensity dan Profitability terhadap Tax Avoidance pada Perusahaan Property, Real Estate dan Building Construction yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2020

Authors

  • Yunie Yunie Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Capital Intensity, Inventory Intensity, Return On Aset (ROA), Efective Tax Rate (ETR), Tax Avoidance

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh capital intensity, inventory intensity, dan profitability terhdap tax avoidance. Variabel dependen yaitu tax avoidance yang diukur menggunakan Effective Tax Rate (ETR). Sedangkan variabel independen capital intensity yang diperoleh dari membandingkan total aset tetap bersih dengan total aset, Inventory intensity yang diukur dengan membandingkan total persediaan dengan total aset, dan Profitability yang diukur dengan ROA yaitu membandingkan laba bersih tahun berjalan dengan total aset.

Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan properti, real estate, dan building construction yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020. Teknik pengambilan data sample yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah 8 perusahaan. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan keuangan tahunan yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu www.bei.co.id. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis, serta Uji Regresi Linear Berganda, dengan menggunakan software SPSS Versi 25.

Hasil pengujian dalam penelitian ini membuktikan bahwa variabel capital intensity berpengaruh terhadap tax avoidance, variabel inventory intensity tidak berpengaruh terhadap tax avoidance, dan variabel profitability berpengaruh terhadap tax avoidance. Berdasarkan hasil Uji Simultan (Uji F) membuktikan bahwa variabel capital intensity, inventory intensity, dan profitability berpengaruh tehadap tax avoidance.

Published

2022-06-28