Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021)

Authors

  • Chrisya Abigail Setiawan Universitas Buddhi Dharma
  • Rina Aprilyanti Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Penghindaran Pajak, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data yang menunjukkan Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak. Variabel dependen yang dipakai yaitu Penghindaran Pajak. Sebaliknya variabel independen yang dipakai yaitu Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan.

Tiga puluh bisnis dipertimbangkan untuk penelitian ini, dan dari kumpulan besar itu, sampel representatif dari 12 dipilih dari daftar Subsektor Makanan dan Minuman Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia antara 2017 dan 2021. Strategi purposive sampling digunakan untuk memilih peserta studi, dengan kriteria yang ditetapkan terlebih dahulu.

Berdasarkan hasil penyelidikan dari riset ini, penulis memberikan kesimpulan maka: (1) Profitabilitas tidak berpengaruh pada kegiatan Penghindaran Pajak, (2) Leverage tidak berpengaruh pada kegiatan Penghindaran Pajak, dan (3) Ukuran Perusahaan berpengaruh pada kegiatan Penghindaran Pajak

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-10