Pengaruh Lokasi, Strategi Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Alfamart Kutabumi 5

Authors

  • Elisa Anugrah Suci Universitas Buddhi Dharma
  • Heri Satrianto Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Lokasi, Strategi Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Seiring dengan berjalannya waktu kebutuhan sehari-hari konsumen semakin beragam. Keanekaragaman tersebut memacu setiap toko untuk bersaing dalam menyediakan barang berdasarkan kebutuhan dan keinginan saat ini, sehingga menimbulkan persaingan yang ketat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar dampak lokasi, strategi promosi, dan kualitas pelayanan mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli.

Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif berbasis survey, bertanya jawab dengan responden dengan teknik simple random sampling, yaitu dengan menggunakan Lemeslow. Penetapan populasi diambil dari konsumen di sekitar lingkungan Alfamart Kutabumi 5. Analisa data diolah menggunakan SPSS 25 dengan metode regresi linear berganda.

Hasil analisa menyatakan variabel lokasi (X1), strategi promosi (X2), dan kualitaa pelayanan (X3) dengan serentak berpengaruh signifikan pada keputusan pembrlian, dan nilai signifikan 0,000. Hasil uji R2 menunjukkan lokasi, strategi promisi dan kualitas pelayanan dapat mempengaruhi keputusan pembelian 58%, sedangkan 42% dipengaruhi oleh hal berbeda yang tidak dikaji pada penelitian ini

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-10