Pengaruh Karakteristik Personal, Lokasi, Falisitas, Biaya Pendidikan, dan Peluang Kerja terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Program Studi Akuntansi (Studi Kasus Universitas Buddhi Dharma

Authors

  • Elieta Vranciska Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Karakteristik Personal, Lokasi, Fasilitas, Biaya Pendidikan, Peluang Kerja, Keputusan Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini diharapkan dapat melihat apakah ada pengaruh kualitas pribadi, wilayah, kantor, biaya pendidikan, dan posisi terbuka terhadap pilihan mahasiswa dalam memilih program konsentrasi pembukuan. Eksplorasi ini direncanakan untuk siswa yang telah memilih program konsentrasi pembukuan.

Data hasil wawancara dan quosioner digunakan sebagai data primer. Populasi dasar dari penelitian ini adalah mahasiswa dari Universitas Buddhi Dharma yang berjumlah 656 mahasiswa yang berada di program studi akuntansi, dan sampelnya adalah 125 sampel. Prosese pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisoner berbentuk google form yang diolah menggunakan program SPSS Versi 25.

Analisis frekuensi, analisis deskriptif, uji asumsi klasik (normalitas, heteroskedastisitas, dan multikolinearitas), uji validitas dan reliabilitas (regresi linier berganda), dan analisis koefisien determinasi (R2) digunakan dalam analisis data penelitian ini. Uji t dan f juga digunakan untuk menguji hipotesis. Karakteristik pribadi, lokasi, fasilitas, biaya kuliah, dan peluang kerja semuanya berperan dalam keputusan siswa untuk mendaftar di program akuntansi, menurut temuan penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-28