Pengaruh Pajak, Kepemilikan Saham Dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Harga Transfer (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Transportation Dan Logistik Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022)

Authors

  • Mesih Oktaviani Universitas Buddhi Dharma
  • Dian Anggraeni Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Pajak, Kepemilikan Saham, Mekanisme Bonus, Harga Transfer

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana transfer pricing dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti pajak, kepemilikan saham, dan mekanisme bonus. Pajak, kepemilikan saham, dan mekanisme bonus merupakan faktor luar yang dapat mempengaruhi variabel dependen penelitian ini, yaitu harga transfer.

Purposive sampling digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini. Perusahaan yang terdaftar di BEI pada industri transportasi dan logistik pada tahun 2018 - 2022 menjadi populasi penelitian, dan 35 perusahaan tersebut menjadi sampel penelitian. Dalam penelitian ini data dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Penentuan harga transfer tidak dipengaruhi oleh variabel mekanisme pajak atau bonus (masing-masing 0,438 > 0,05 untuk pajak dan (1,000 > 0,05 untuk mekanisme bonus), namun dipengaruhi oleh kepemilikan saham (0,010 0,05). Harga transfer sangat dipengaruhi oleh pajak, kepemilikan saham, dan mekanisme bonus.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-16