Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Sales Growth dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tax Avoidance (Studi Kasus pada Perusahaan Pharmacy yang terdaftar di Busa Efek Indonesia Periode 2018-2022)

Authors

  • Charles Charles Universitas Buddhi Dharma
  • Juan Barus Gultom Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Profitabilias, Leverage, Sales Growth, Ukuram Perusahaan, Tax Avoidance

Abstract

Pajak adalah pengeluaran atau pungutan yang menurunkan laba bersih. Besaran pajak penghasilan yang disetorkan ke kas negara juga akan besar jika individu tersebut menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Oleh karena itu, wajib pajak ingin membayar pajak sedikit mungkin. Sebaliknya, sebagian besar dana yang dibutuhkan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan berasal dari penerimaan pajak. Karena adanya konflik kepentingan tersebut, perusahaan yang merupakan wajib pajak melakukan penghindaran pajak sebagai salah satu teknik untuk mengurangi beban pajaknya. Penghindaran pajak adalah praktik yang legal dan aman.

      Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, sales growth dan ukuran perusahaan terhadap tax avoidance studi kasus pada perusahaan pharmacy yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022 sebagai bagian dari penelitian ini. Data sekunder digunakan dalam bentuk penelitian kuantitatif ini. Sampel penelitian ini terdiri dari 8 perusahaan yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dari populasi seluruh perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

      Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap Tax Avoidance, Leverage berpengaruh signifikan terhadap Tax Avoidance, Sales Growth berpengaruh signifikan terhadap Tax Avoidance dan Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Tax Avoidance. Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Size secara simultan berpengaruh terhadap Tax Avoidance.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16