Pengaruh Profitabilitas, Capital Intensity, Inventory Intensity, dan Sales Growth Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris pada Perusahaan Subsektor Perdagangan Eceran yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018 – 2022)

Authors

  • Rio Kurniawan Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Profitabilias, Capital Intensity, Inventory Intensity, Sales Growth, Tax Avoidance

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh profitabilitas, capital intensity, inventory intensity dan sales growth terhadap tax avoidance. Variabel independen yang digunakan adalah profitabilitas yang diproksikan dengan ROA, capital intensity yang diproksikan dengan CI, inventory intensity yang diproksikan dengan II dan sales growth yang diproksikan dengan SG. Sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah tax avoidance yang diproksikan dengan Effective Tax Rate (ETR).

Penelitian ini menggunakan populasi dari perusahaan subsektor perdagangan eceran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 8 perusahaan selama periode 2018-2022 (5 tahun pengamatan) sehingga total sampel sebanyak 40. Data penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi linear berganda, bertujuan untuk menetukan metode penelitian dengan aplikasi SPSS versi 25.

Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa : (1) Profitabilitas berpengaruh terhadap Tax Avoidance, (2) Capital Intensity tidak berpengaruh terhadap Tax Avoidance, (3) Inventory Intensity tidak berpengaruh terhadap Tax Avoidance, (4) Sales Growth tidak berpengaruh terhadap Tax Avoidance.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16