"Pengaruh Harga Emas,Harga Minyak,dan Kurs Tengah " "Terhadap Harga Saham LQ45 di Bursa Efek Indonesia " "Periode 2018-2021"

Authors

  • Natalia Jonatan Universitas Buddhi Dharma
  • David Kiki Baringin MT Samosir Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Harga Emas, Harga Minyak, Kurs Tengah

Abstract

Sekumpulan saham 45 perusahaan yang mempunyai likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia disebut Indeks LQ45. Faktor yang dapat mempengaruhi harga saham salah satunya adalah faktor makroekonomi. Dalam penelitian yang dilakukan, peneliti menggunakan variabel Harga Emas, Harga Minyak, dan Kurs Tengah yang akan diuji terhadap Harga Saham LQ45 selama tahun 2018-2021. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari website resmi Bank Indonesia (BI) dan investing. Menggunakan teknik purposive sampling dan sampel penelitian yang diperoleh adalah 48 data time series. Program yang digunakan adalah SPSS versi 21, dengan penganalisaan data melalui analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis.

Hasil dari penelitian ini mengungkapkan Harga Emas, Harga Minyak, dan Kurs Tengah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham LQ45 dengan tingkat signifikan sebesar . Secara parsial menjelaskan bahwa Harga Emas, Harga Minyak dan Kurs Tengah berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham LQ45.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16