Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Leverage, Ukuran Perusahaan, Return on Assets dan Capital Intensity terhadap Tax Avoidance Studi Empiris pada perusahaan Industri Sub Sektor Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018 – 2021

Authors

  • Reyviange Oklayetri Candraniawati Universitas Buddhi Dharma
  • Suhendra Suhendra Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Pertumbuhan Penjualan, Leverage, Ukuran Perusahaan, Return On Asset, Capital Intensity, Tax Avoidance

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Leverage, Ukuran Perusahaan, Return on Asset, dan Capital Intensity terhadap Tax Avoidance pada Perusahaan Industri Sub Sektor Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018 – 2021.

Populasi penelitian ini berjumlah 35 perusahaan industri sub sektor Property dan Real Estate yang terdaftar di BEI tahun 2018 – 2021. Jumlah sampel yang dipakai adalah 10 perusahaan berdasarkan metode purposive sampling. Metode analisis data adalah regresi linear berganda dengan perangkat lunak SPSS versi 25.

           Berdasarkan uji parsial menghasilkan bahwa variabel Return on Asset berpengaruh positif signifikan terhadap Tax Avoidance. Sedangkan Pertumbuhan penjualan, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Capital Intensity tidak berpengaruh terhadap Tax Avoidance. Hasil uji secara simultan didapat variabel Pertumbuhan Penjualan, Leverage, Ukuran Perusahaan, Return on Asset, dan Capital Intensity secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap Tax Avoidance.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16