Pengaruh Leverage, Liquidity, Growth Opportunities, dan Net Working Capital Terhadap Cash Holding (Studi Empiris Perusahaan Sektor Barang dan Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021)

Authors

  • Stellania Putri Universitas Buddhi Dharma
  • Selfiyan Selfiyan Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Leverage, Liquidity, Growth Oppurtunities, Net Working Capital, Cash Holding

Abstract

Studi ini dimaksudkan guna menguji dampak Leverage, Liquidity, Growth Opportunities dan Net Working Capital terhadap Cash Holding pada perusahaan sektor barang dan konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021.

Metode yang dipakai pada studi ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan bukti sekunder. Total sampel pada studi ini adalah sebanyak 17 perusahaan sektor barang dan konsumsi. Teknik pemilihan yang diterapkan dalam studi ini ialah purposive sampling, serta untuk menganalisis data-data yang diterapkan berupa uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda dan uji praduga.

Studi ini menunjukkan nilai akhir secara simultan didapat dampak diantara leverage, liquidity, growth opportunities dan net working capital dengan nilai signifikasi 0.000 < 0.05. Berlandaskan nilai akhir secara parsial terdapat 3 variabel yang memberikan pengaruh signifikasi non negatif terhadap Cash Holding, yaitu variabel Leverage, Liquidity dan Net Working Capital. Sedangkan variabel Growth Opportunities menunjukkan bahwa tidak berpengaruh terhadap Cash Holding.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16