Pengaruh Capital Intensity, Sales Growth dan Inventory Intensity Terhadap Agresivitas pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021)

Authors

  • Elis Suhendi Universitas Buddhi Dharma
  • Aldi Samara Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Agresivitas Pajak, Capital Intensity, Sales Growth, Inventory Intensity

Abstract

Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh dari capital intensity, sales growth dan inventory intensity terhadap agresivitas pajak, dan objek dalam penelitian ini meliputi perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2018-2021.

Purposive sampling adalah metode pengambilan sampel yang digunakan, dengan banyaknya jumlah sempel yang diambil adalah 13 perusahaan dalam kurun waktu 4 tahun pengamatan, yang menghasilkan total 52 sampel. Uji analisis statistik deskriptif, analisis asumsi klasik, analisis hipotesis, dan analisis regresi linear berganda dilakukan menggunakan program SPSS 25.

Menurut hasil dari penelitian menunjukkan angka signifikansi dari capital intensity sebesar 0,222, signifikansi sales growth sebesar 0,026 dan signifikansi inventory intensity sebesar 0,232. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat dinyatakan bahwa Capital intensity tidak memiliki pengaruh terhadap agresivitas pajak, Sales growth memiliki pengaruh terhadap agresivitas pajak dan Inventory intensity tidak memiliki pengaruh terhadap agresivitas pajak.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16