Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Financial Distress terhadap Audit Delay (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Subsektor Properti dan Real Estate Indonesia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2021)

Authors

  • Monica Daniela Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Audit Delay, Ukuram Perusahaan, Profitabilitas, Financial Distress

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan financial distress terhadap audit delay. Variabel dependen penelitian ini adalah audit delay. Sedangkan, variabel independen dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, profitabilitas dan financial distress. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 36 perusahaan industri subsektor real estate dan properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2018-2021.

Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purpose sampling, sebanyak 12 perusahaan dari 36 perusahaan manufaktur industri real estate dan properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2021, sehingga data penelitian ini mempunyai 36 sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 25.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial distress mempunyai pengaruh negatif terhadap audit delay, sedangkan ukuran perusahaan dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap audit delay.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16