Pengaruh Profitability, Leverage, Firm Size, dan Sales Growth terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Consumer Goods yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022)
Keywords:
Tax Avoidance, Profitability, Leverage, Firm Size, Sales GrowthAbstract
Penelitian ini untuk mengkaji hasil dari pengaruh Profitability, Leverage, Firm Size, dan Sales Growth terhadap Tax Avoidance perusahaan manufaktur Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2022. Menurut standar tertentu, 24 dari 52 perusahaan manufaktur Consumer Goods sesuai untuk sampel. Teknik analisis data meliputi statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dengan bantuan software SPSS versi 29.
Hasil peneliti menunjukkan : (1) Profitability tidak berpengaruh terhadap Tax Avoidance, (2) Leverage tidak berpengaruh terhadap Tax Avoidance, (3) Firm Size tidak berpengaruh terhadap Tax Avoidance, (4) Sales Growth berpengaruh negatif terhadap Tax Avoidance, (5) Profitability, Leverage, Firm Size dan Sales Growth berpengaruh secara simultan terhadap Tax Avoidance.