Pengaruh Tax Planning, Struktur Modal, Profitabilitas, dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021)

Authors

  • Cynthia Mellisa Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Nilai Perusahaan, Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Dasar dan Kimia, Profitabilitas, Likuiditas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan bukti empiris mengenai hubungan antara Nilai Perusahaan (PBV) terhadap Perencanaan Pajak (ETR), Struktur Modal (DER), Profitabilitas (ROA), dan Likuiditas (CR). Perencanaan Pajak (ETR), Struktur Modal (DER), Profitabilitas (ROA), dan Likuiditas (CR) adalah variabel independen sedangkan Nilai Perusahaan (PBV) menjadi variabel dependen.

Populasi didalam penelitian ini terdiri dari 86 perusahaan yang terdaftar sebagai perusahaan manufaktur subsektor industri dasar dan kimia yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2019 - 2021. Sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling, dan memperoleh sampel sebanyak 17 perusahaan manufaktur sub sektor industri dasar dan kimia berdasarkan kriteria tertentu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (Adjusted R Square), analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 29. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji statistik parsial (Uji Statistik T), peneliti dapat menyimpulkan hal – hal berikut: Perencanaan Pajak (ETR) memiliki pengaruh terhadap Nilai Perusahaan, Struktur Modal (DER) memiliki pengaruh terhadap Nilai Perusahaan, Profitabilitas (ROA) tidak memiliki pengaruh terhadap Nilai Perusahaan, dan Likuiditas (CR) memiliki pengaruh terhadap Nilai Perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-16