Pengaruh Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, dan Profitabilitas terhadap Transfer Pricing (Studi Empiris Terhadap Perusahaan Pada IDX 30 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2022)
Keywords:
Tunneling incentive, Mekanisme Bonus, Profitabilitas, Transfer PricingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh tunneling incentive, mekanisme bonus, dan profitabilitas terhadap keputusan transfer pricing pada perusahaan IDX 30 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam periode tahun 2019-2022. Sampel pada penelitian menggunakan metode purposive sampling terdiri dari 15 perusahaan setiap tahun selama periode observasi 4 tahun, sehingga total sampel yang digunakan ada 60 perusahaan sampel. Analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25 dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tunneling incentive dan profitabilitas memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan transfer pricing. Namun, penelitian ini tidak menemukan adanya pengaruh mekanisme bonus terhadap transfer pricing. Hasil uji simultan (uji F) juga menunjukkan bahwa tunneling incentive, mekanisme bonus, dan profitabilitas secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan transfer pricing