Pengaruh Leverage, Liquidity, Profitability, dan Capital Expenditure terhadap Firm Value (Studi Kasus Perusahaan Subsektor Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022)

Authors

  • Yerikho Yerikho Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Leverage, Liquidity, Profitability, Capital Expenditure, Firm Value

Abstract

Dengan meningkatnya pertumbuhan perusahaan food and beverage yang terdapat di Bursa Efek Indonesia, sehingga membuat tingginya daya tarik investor dalam mengalokasikan dananya untuk berinvestasi. Penelitian ini untuk menganalisis pengaruh leverage, liquidity, profitability, dan capital expenditure terhadap firm value pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2018-2022. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan dapat memberikan wawasan baru untuk para pemangku kepentingan seperti, investor, peneliti selanjutnya, serta manajemen perusahaan ataupun pemilik perusahaan makanan dan minuman dalam mengembangkan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan.

 Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 9 perusahaan selama periode 2018-2022 sehingga total sampel sebanyak 45. Data penelitian menggunakan metode analisis regresi linear berganda dan dianalisis menggunakan program statistik SPSS versi 25.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial (1) leverage (DER) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap firm value (PBV), (2) liquidity (CR) berpengaruh secara signifikan terhadap firm value (PBV), (3) profitability (ROE) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap firm value (PBV), (4) capital expenditure (CapEx) berpengaruh secara signifikan terhadap firm value (PBV), (5) sedangkan secara simultan leverage, liquidity, profitability dan capital expenditure berpengaruh terhadap firm value (PBV). Hasil temuan dalam penelitian ini juga diharapkan untuk lebih memahami faktor-faktor kunci yang memengaruhi nilai perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-16