Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Dewan Komisaris Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Subsektor Property & Real Estate yang Terdaftar di BEI Tahun 2019-2022

Authors

  • Novita Berlian Dwi Cahya Universitas Buddhi Dharma
  • Salikim Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Ukuran Perusahaan , Profitabilias, Leverage, Dewan Komisaris, Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage dan dewan komisaris terhadap nilai perusahaan pada perusahaan subsektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019 – 2022.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi penelitian berjumlah 85 dari perusahaan subsektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2019 - 2022, yang kemudian menghasilkan 40 sampel perusahaan setelah dilakukan purposive sampling. Data penelitian ini dianalisis dengan SPSS versi 25 menggunakan uji statistik deskriptif , uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Tenik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini regresi linear berganda dan data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profitabilitas dan Dewan Komisaris dengan nilai signifikansi < 0.05 yang artinya Profitabilitas dan Dewan Komisaris berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan Ukuran Perusahaan dan Leverage menunjukkan nilai signifikansi > 0.05 yang berarti Ukuran Perusahaan dan Leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Dewan Komisaris secara simultan berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan dengan nilai signifikansi < 0.05.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-29