Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Om Motion And Control Indonesia

Authors

  • Gustianto Andreas Universitas Buddhi Dharma
  • Sonny Santosa Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Produk, Harga, Promosi, Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Berdasarkan fenomena yang terjadi pada tahun 2015 produk-prduk import sejenis dari berbagai negara dengan fungsi yang sama membuat persaingan antar bisnis semakin ketat, maka dari itu dilakukan lah sebuah penelitian sederhana terhadap kepuasan pelanggan dari berbagai variable yaitu kualitas produk, harga, promosi, dan kepuasan pelanggan sehingga dapat mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan, metode penelitian yang dipergunakan adalah kualitatif dan kuantitatif dengan melakukan observasi langsung terhadap suatu objek yaitu pelanggan PT Om Motion and Control Indonesia, mengumpulkan data-data berdasarkan pernyataan yang kemudian  dikelola menggunakan ilmu statistik, temuan yang dapat dimengerti bahwa 4 variabel bebas masing-masing berpengaruh terhadap variabel terikat baik secara partial maupun simultan. Dimana Kualitas produk memiliki pengaruh sebesar 58,2%, Harga memiliki pengaruh sebesar 47,3%, promosi memiliki pengaruh sebesar 65,3%, dan kualitas pelayanan sebesar 73,2% terhadap kepuasan pelanggan. Kesimpulan dari keempat variabel tersebut yang menjadi fokus utamanya adalah kualitas pelayanan dimana memiliki pengaruh yang paling tinggi sebesar 73,2%, kemudian dari hasil penelitian yang diperoleh masing-masing variabel memiliki pengaruh secara simultan dengan perolehan nilai f hitung sebesar 103,871 lebih besar dari t table 2,29 dan memberikan kontribusi sebesar 77,3% terhadap kepuasan pelanggan PT Om Motion and Control Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-29